Private Facebook Info: Musuh dalam Selimu

Buat para Facebook blogger dan kawan-kawan yang suka menggunakan layanan social media Facebook harap berhati-hati dalam menggunakan Facebook kamu. Teman yang ada dalam Facebook kamu bisa saja menjadi musuh dalam selimut di Facebook melalu Private Facebook Info. Jangan sembarang menerima teman jika ada yang request untuk menjadi teman di Facebook.

Kenapa saya harus menulis teman bisa menjadi musuh dalam selimut bagi kamu? Begini ceritanya.. (gak serem kok tapi akan bisa menjadi menyeramkan :mrgreen: ) :

Pada saat membuat akun di Facebook, kamu diminta untuk memasukkan alamat email, password dan berbagai data informasi pribadimu dan setelah akun Facebookmu jadi, semua data atau informasi yang kamu sampaikan akan ter-set secara default dalam private Facebook info dan hanya teman kamu yang bisa melihatnya. Apa saja yang telihat di kotak private Facebook info kamu?

Pada Basic Information, tercatat mulai dari jenis kelamin, tanggal kelahiran, tempat tinggal, dan lain-lain. Pada Personal Information, tercatat jenis aktivitas kamu, ketertarikan atas hobi, musik, film, buku dan lain-lain. Nah ini yang paling penting, pada Contact Information, akan tercatat alamat email, mobile phone dan alamat rumah kamu.

Private Facebook Info Musuh dalam Selimut“Nah.. gak apa-apa donk Jhon jika saya memberitahu semua informasi pribadi saya pada teman?”, yah.. boleh-boleh saja sih, tapi…ada tapinya loh, gini loh nak.. jika kita sudah punya akun di Facebook dan jika ada seseorang yang kita nggak tau itu teman kita atau bukan dan dia minta request ingin menjadi teman kita, sebagian besar kamu pasti menerimanya.. apa lagi terkhusus cowok atau cewek yang tampangnya cakep minta request jadi teman, tanpa basa-basi langsung aja deh kamu terima untuk melihat profilnya yang lebih lengkap… iya nggak! :)

“Ya..iya seh… terus apa hubungannya dengan musuh dalam selimut dong Om?” Hmmm… mulai nanya lagi neh… bagaimana jika teman yang kamu terima itu cuma pasang foto fiktif di Facebook dan berniat nggak baik ke kamu? yang mana dia juga secara otomatis bisa melihat semua informasi mengenai kamu dalam kotak info Facebook dan mencoba “mencuri” akun Facebook kamu dari informasi yang sudah ter-setup dan tampil secara default.

Sebagaimana kamu tahu, jika kita login pasti memakai alamat email dan itu terlihat di kotak informasi pribadi, sekarang tinggal mencari password atau kata kunci yang kamu rahasiakan dengan menelusuri satu persatu informasi yang ada dalam kotak info Facebook kamu. Biasanya banyak dari kamu menggunakan password dengan tanggal kelahiran atau sesuatu yang menarik bagi kamu sehingga teman kamu yang baru saja kamu terima request-nya menjadi teman akan menggunakannya sebagai password untuk masuk di akunFacebook kamu. Bagaimana? ceritanya mulai seram bukan ?

“Ya agak seram juga sih jhon… apalagi saya sudah punya ribuan teman… terus gimana dong cara menanggulanginya?” OK gini aja… tips nya kamu gunakan password yang tidak ada hubungannya dengan isi yang ada dalam kotak info atau kamu bisa menyembunyikan beberapa informasi melalui tombol setting di akun Facebookmu. Ubah beberapa data yang tidak seorangpun bisa melihatnya termasuk teman kamu. Kamu juga bisa menggunakan Facebook Username tanpa harus memberikan alamat email ke teman sebagai salah satu bentuk proteksi akun Facebook kamu.

Percakapan di atas hanyalah percakapan singkat untuk melindungi akun Facebook kamu. Dari pihak Facebook juga sudah menyadari akan kemungkinan terjadinya hal-hal seperti itu atau yang lainnya:

We have identified this bug and closed the loophole. We don’t have any evidence to suggest that it was ever exploited for malicious purposes.

Kamu juga bisa baca-baca di situs FBHive (dot) com untuk mengetahui berita, informasi, rumor dan spekulasi mengenai Facebook. Keep your private Facebook info unaccessable by any one.

terima kasih atas komen semoga bermanfa'at yach!

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama